5 Tips dari Microsoft untuk berselancar internet lebih aman

Screenshot_2

Serangan siber sudah mengakibatkan kerugian pada ekonomi global sebesar 3 triliun Dollar pada th. 2015 saja. Untuk perlindungan dari serangan siber, mempunyai piranti lunak serta system yang terpercaya selalu jadi prioritas paling utama untuk pemimpin usaha. Microsoft yakin kalau tidak cuma untuk pelaku bisnis saja, namun tiap-tiap perorangan harus juga membuat perlindungan diri mereka supaya bisa rasakan pengalaman berinternet yang lebih aman.

Willy Hendrajudo, Windows Business Group Lead Microsoft Indonesia, memiliki pendapat kalau perlu untuk Microsoft untuk menanggung keamanan internet orang-orang.

” Microsoft yakin kalau kejahatan di internet berlangsung karna minimnya pemahaman tentang tehnologi info dan kurangnya pengetahuan membuat perlindungan diri dari kejahatan siber, ” katanya.

Oleh karenanya, Microsoft memberi lima panduan untuk mulai perjalanan on-line Kamu yang aman serta terproteksi.

1. Pakai kata sandi unik untuk semuanya gadget Anda

Bila Kamu mesti pilih hal yang aman, apakah Kamu akan pilih pintu tempat tinggal yang terbuat dari karton atau dari baja? Kata sandi berlaku seperti pintu karna peranannya jadi pertahanan untuk meyakinkan data pribadi serta info Kamu disimpan dengan aman. Oleh karenanya, pilih sandi yang pas jadi krusial.

Pilih frase yang disebut gabungan pada huruf besar serta kecil, angka serta lambang adalah hal yang baik serta tidak selamanya adalah hal yang rumit. Fikirkan quote yang Kamu gemari dari film atau lagu, buat sedikit berubahan, serta Kamu siap!

Bila Kamu telah membuat kata sandi yang pas, yakinkan Kamu tidak memakai sandi yang sama untuk segalanya. Sama seperti bila Kamu kehilangan satu kunci yang bisa buka tempat tinggal, mobil, kantor serta pintu garasi mobil Kamu, semua tempat itu begitu terancam keamanannya. Ciptakanlah sandi yang tidak sama untuk bank, akun e-mail, gawai pribadi serta hal yang lain untuk kurangi kemungkinan privacy.

2. Lebih selektif dalam terima keinginan rekan di media sosial

Bila ada orang asing yang mengetuk pintu tempat tinggal Kamu, tentu Kamu relatif akan menampik mereka untuk masuk. Keinginan pertemanan di sosial media mungkin saja tidak tampak sangat beresiko, tetapi adalah hal yang begitu perlu tidak untuk membiarkan siapapun masuk serta terhubung info pribadi Kamu.

Website sosial media terkadang memperbolehkan orang untuk kirim pesan pada Kamu dan akses pada photo pribadi serta info Kamu – yang kenyataannya, lebih aman bila diberikan pada keluarga serta rekan-rekan Kamu saja.

Kamu harus juga lakukan penyusunan atau pilihan pada service seperti Facebook serta Twitter untuk mengatur siapapun yang dapat lihat profil, photo serta info tentang Kamu. Dalam banyak hal, juga sangat mungkin Kamu untuk mengatur profil Kamu tidak untuk keluar pada situs pencarian.

3. Jagalah info pribadi serta peka Anda

Terkadang Kamu mesti memasukkan info pribadi Kamu dengan on-line. Sebelumnya lakukan hal semacam ini, mencari tanda yang tunjukkan kalau website ini aman, umpamanya meyakinkan kalau alamat portalnya yaitu ‘https’ serta ada lambang kunci gembok terkunci di samping URL di bagian atas monitor Kamu.

Kamu juga tidak bisa memberi info peka apa pun, umpamanya detail bank, nomor akun serta kata sandi, yang disuruh lewat e-mail atau pesan di media sosial. Yakinkan juga kalau website yang Kamu buka atau e-mail yang Kamu terima betul-betul bisa dipertanggungjawabkan, karna dapat saja mereka adalah penipuanphishing yang berpura-pura datang dari perusahaan atau punya maksud membohongi supaya Kamu ingin memberi info peka.

4. Ambillah sisi untuk memastikan reputasi on-line Anda

Dengan berkala, Kamu mesti kembali mengevaluasi lagi hadirnya Kamu di internet dengan mencari diri Kamu sendiri pada mesin pencarian, serta lihatlah akhirnya.

Kamu mungkin saja temukan sebagian info (yang mungkin saja Kamu menginginkan untuk jagalah dengan pribadi) bisa diliat oleh siapapun. Jadi, ambilah langkah untuk sesuaikan ketentuan privacy Kamu. Yakinkan juga kalau info yang bisa diliat oleh umum mencerminkan info yang akurat serta positif mengenai diri Kamu.

5. Buat ketentuan yang pasti untuk penggunaan situs serta games Anda

Sama seperti dengan semuanya type hiburan serta media, banyak hal yang ada dengan on-line lebih pas untuk umur spesifik. Memadukan tips serta pengawasan – mengambil keputusan panduan yang pasti serta meyakinkan kalau semuanya hal semacam ini digerakkan – akan menolong untuk meyakinkan pemakaian internet sesuai sama tingkat umur serta nilai-nilai yang dipegang keluarga Kamu.

Kamu harus juga senantiasa mengawasi aktivitas anak Kamu didunia maya serta dengan siapapun ia berhubungan. Hal semacam ini bukan sekedar berlaku untuk media sosial, namun juga games, yang seringkali memperbolehkan pemain untuk berhubungan dengan pemain yang lain lewat pesan atau nada.

Bila Kamu temukan materi atau aksi yang meneror, selekasnya laporkan. Pada service Microsoft umpamanya, lihatlah tautan Report Abuse untuk memberikan laporan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *