iOS 10.3 Ada Fitur Baru, Apa Saja ?

Screenshot_3

Apple meluncurkan iOS 10. 3 hari ini. Satu diantara feature paling utama yang didapatkan lewat up-date ini yaitu pergantian system file, dari Hierarchical File Sytem (HFS) jadi Apple File Sistem (APFS).

Seperti yang dijelaskan oleh The Verge, system file ini awal kali dikenalkan pada WWDC th. lantas. Ia di desain untuk iPhone, iPad, Apple Watch, Mac serta Apple TV.

Apple sudah memakai HFS di piranti iOS selama31 th.. Awal mulanya, ia di desain untuk Mac yang memakai floppy atau hard disk, bukanlah piranti mobile modern yang sudah memakai Solid State Storage. Bahkan juga penerus dari HFS, HFS+ belum memberi support yang sesuai sama untuk piranti mobile.

Sesaat APFS yang baru di desain untuk beragam piranti mobile serta bisa memakai pemakaian flash atau SSD storage. Diluar itu, ia juga di buat dengan enkripsi sebagai feature paling utama. Ia bahkan juga sudah mensupport feature seperti snapshots yang bakal mempermudah pemulihan file pada Mac atau piranti iOS.

APFS juga di desain untuk latensi rendah, yang bakal tingkatkan kecepatan membaca/menulis pada piranti iOS/Mac. Apple mendemonstrasikan hal semacam ini dalam WWDS th. lantas, bagaimana APFS bisa menyalin file dengan lebih cepat bila dibanding dengan HFS+. Tetapi, beberapa besar pemakai iPhone serta iPad mungkin saja belum bakal rasakan pergantian yang penting.

Terkecuali sedikit penambahan performa dalam storage, nampaknya belum ada keunggulan lain yang bisa dirasa oleh pemakai. Tetapi, pergantian system file ini dapat jadi pondasi untuk Apple untuk bikin aplikasi iOS jadi aplikasi 64-bit. Beberapa orang yakin, pergantian ini bakal berlangsung pada iOS 11.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *