Langka, Cassini NASA Bisa Tembus Celah Saturnus

Screenshot_2

Satu pesawat antariksa tanpa ada awak NASA, Cassini, sukses selamat waktu terjun diantara cincin Saturnus serta, sesudah pernah hilang tanda waktu terbang, dapat berkomunikasi kembali dengan Bumi.

Menurut Tubuh Antariksa Amerika Serikat (NASA), Kamis 27 Apri 2017, Cassini meluncur lebih dekat di banding pesawat antariksa terlebih dulu ke planet ke enam dari Matahari itu. Waktu itu pesawat masih tetap dapat berperan untuk melaporkan perjalanannya, kirim tanda yang tiba pada Kamis pagi pada jam 0656 GMT, sekitaran 20 jam sesudah meluncur.

” Belum ada pesawat antariksa yang pernah sedekat ini ke Saturnus. Kami cuma dapat tergantung pada perkiraan, berdasar pada pengalaman kami dengan cincin Saturnus yang lain, tentang seperti apa celah diantara cincin serta Saturnus itu, ” kata manajer proyek Cassini, Earl Maize, dari NASA’s Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California.

Dia suka dapat melaporkan kalau Cassini menembus celah itu seperti yang mereka rencanakan serta keluar dari segi yang satunya tanpa ada rusaknya.

Celah diantara cincin serta puncak atmosfer Saturnus mempunyai lebar sekitaran 2. 400 km..

Cincin itu terbagi dalam partikel es yang bergerak cepat serta puing-puing antariksa yang dapat menyerang serta mengakibatkan kerusakan pesawat itu.

Cassini menembusnya dengan kecepatan sekitaran 124. 000 km. per jam relatif di planet itu.

Pesawat bakal menyelam sejumlah 22 kali diantara cincin Saturnus serta planet sebelumnya pada akhirnya terjun paling akhir kedalam gas raksasa pada September.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *