Mimpi Foxconn Bangun Pabrik di Indonesia Kandas di Tengah Jalan

Screenshot_2

Foxconn meyakinkan akan tidak melanjutkan gagasan pembangunan pabrik di Indonesia. Angan-angan itu kandas di dalam jalan.

Jadi gantinya, PT Infocus Consumer International (ICI) Global, anak usaha dari Foxconn, bakal menggantikan gagasan itu bangun pabrik di Tanah Air. Dengan membawa anak usaha Foxconn ke Indonesia, ICI sudah buka pabrik perakitan smartphone 4G di Batam.

Di sampaikan Country Director Foxconn Indonesia, Sukaca Purwokardjono pada Tekno Liputan6. com, Foxconn dengan mandiri akan tidak bangun pabrik di Indonesia. Jadi, gagasan yang terlebih dulu telah ditata, akan tidak diberlakukan untuk saat ini serta yang akan datang.

” ICI Indonesia itu punya Foxconn, kita investasi di Batam. Untuk saat ini kita konsentrasi ke produksi unit sendiri, ” kata Sukaca waktu didapati di lokasi Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Ia mengutamakan, Foxconn tak ada gagasan buka pabrik seperti yang ada di India. Saat ini, pihaknya bakal fokus pada pabrik ICI Indonesia untuk lakukan manufaktur piranti mobile. ICI juga bekerja sama juga dengan PT Satnusa Persada, yang di kenal jadi manufaktur smartphone merk Asus serta Xiaomi.
ICI Indonesia bakal merakit smartphone 4G dengan merk dagang Sharp. Jadi, seperti ditegaskan Sukaca, ICI Indonesia saat ini yang memegang kendali penuh untuk perakitan smartphone investasi dari Foxconn.

Berita Foxcon Technology Group yang menginginkan bangun pabrik di Indonesia telah berembus mulai sejak lama. Awal direncanakan pada 2013, bagian awal Foxconn akan ambil tempat di lokasi industri Cikande, Serang.

Tetapi sayang, selang satu tahun lebih lalu, belumlah ada sinyal tanda Foxconn memutuskan untuk bangun pabrik di Indonesia. Argumen kenapa perusahaan berbasiskan di Taiwan itu tunda pembangunan pabriknya tidak lain karna belum pula memperoleh tempat yang pas.

Waktu itu, Foxconn memohon pemerintah Indonesia supaya bisa memberi tempat sekurang-kurangnya 100 hektar. Sayang, keinginan ini segera tidak diterima. Terlebih, Foxconn menginginkan memperoleh tempat diluar Jawa.

Akhirnya, Foxconn jadi berpaling ke India. Waktu itu, pemerintah India sediakan tempat seluas 1. 500 hektar. Dengan luas sebesar itu, Foxconn bangun pabrik, sarana penelitian serta pengembangan (R&D, Research and Development), dan memperkerjakan lebih dari 50. 000 karyawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *