Pendapatan Youtuber Menurun, Apa Penyebabnya ?

Screenshot_2

Kreator content video YouTube, atau seringkali kita sebut YouTuber, berkeluh kesah masalah pendapatan yang turun mencolok belakangan ini.

Untuk info, waktu video buatan YouTuber memperoleh jumlah views 100 ribu, yang memiliki channel YouTube umumnya dapat memperoleh US$ 50-100 (setara dengan Rp 600 ribuan-1, 3 jutaan). Mulai sejak minggu lantas mereka hanya mengantongi US$ 2 (Rp 26 beberapa ribu) untuk jumlah views 100 ribu.

Keluh kesah dilontarkan dari salah seseorang YouTuber, Tara Arts Game Indonesia. Gamer bernama asli Diwantara Anugrah Putra, berbarengan dengan saudaranya Gema Cita Andika, menyampaikan kalau mereka juga terserang imbas dari penurunan pendapatan. Hal semacam ini mereka istilahkan sebagai “disaster time”.

Satu diantara video Tara Arts Game Indonesia yang telah dilihat 120 ribu kali, nyatanya hanya menghadirkan US$ 2 saja. Bila mereka memperoleh US$ 2 /hari serta dikalikan 30 hari, jadi pendapatan mereka per bln. cuma sekitar US$ 60 atau setara Rp 800. 000.

“Sejak tempo hari YouTube diboikot sebagian perusahaan. Pendapatan kami hancur lebur, ” tutur Tara dalam videonya yang berjudul “Tag Blast – Xbox Scorpio Konsol Terkuat!! YouTuber Terancam Punah? ” yang diupload pada 7 April 2017.

Tidak cuma di Tanah Air, YouTuber diluar Indonesia juga rasakan hal yang sama. Sebutlah PewDiePie, YouTuber kenamaan yang dikenal juga sebagai gamer. Pada 6 April 2017, PewDiePie melaunching video dimana ia menyebutkan iklan di YouTube makin menyusut lantaran banyak perusahaan yang menarik iklan mereka.

Cek Juga : Harga Daging Sapi

Pria bernama asli Felix Kjellberg itu mengakui cuma mengantongi pendapatan US$ 100. Menurut dia, jumlah itu demikian kecil bila dibanding dengan pendapatan terlebih dulu. Sayang, ia tak menyebutkan berapakah nominal pendapatan yang ia kantongi waktu itu.

Hadirnya iklan di content video yang berunsur rasisme, diindikasikan jadi penyebab beberapa perusahaan menarik iklannya dari YouTube. Berikut sebagai momok YouTuber lantaran pendapatan mereka juga datang dari iklan yang masuk di sela video.

Karena itu, ia mengharapkan pada YouTuber yang masihlah ‘menanjak’ supaya selalu berjuang serta bikin content menarik. “Bulan ini, kelihatannya banyak kreator yg tidak memperoleh duit. Saya berjanji selalu bikin video walau keadaan saat ini susah, ” pungkas PewDiePie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *