Review : Seberapa Kuat Seagate IronWolf Pro 8TB ?

Screenshot_2

Makin majunya tehnologi serta data digital, ukuran data yang di produksi juga makin besar. Serta sudah pasti media penyimpanan yang diperlukan juga makin besar.

Computer seri hi-end saat ini rata-rata telah sediakan piranti hard disk dengan kemampuan 1TB. Masihlah ingatkah Kamu bila 10 th. waktu lalu computer dengan hard disk memiliki ukuran 250GB telah termasuk elegan?

Generasi saat ini mungkin saja tidak bisa memikirkan bila computer itu dulunya cuma digerakkan dengan floppy disk, atau yang lebih di kenal dengan sebutan disket, berkapasitas tak kian lebih 3MB. Ukuran sebesar itu pada zaman saat ini telah tak akan cukup untuk menaruh bahkan juga satu buah photo selfie yang di ambil memakai kamera handphone.

Baca Juga Info Tentang : Harga Sembako

Begitu halnya beragam data yang lain. Dari mulai data pekerjaan, presentasi, gambar, program, video, ukurannya makin besar. Tak heran beragam pabrikan hard disk terpenting berlomba bikin hard disk memiliki ukuran besar.

Hard Disk memanglah sama sebagai area untuk menyimpan. Tetapi, sebenarnya yang perlu di perhatikan tidak cuma itu saja. Kecepatan read and write dari hard disk itu juga memastikan kecepatan Kamu untuk menaruh serta menyalin data, buka program, bahkan juga mengawali operating system.

Makin jelek kekuatan read and write dari satu hard disk jadi bakal computer Kamu akan makin “lemot”.

Seagate IronWolf Pro 8TB

Kesempatan ini Kompas. com memperoleh peluang untuk coba product hard disk dari Seagate, yakni IronWolf Pro dengan kemampuan 8TB dengan QNAP NAS Drive. Seri “serigala besi” yang diklaim sebagai pemimpin dalam gerombolannya ini dengan cara peruntukannya memanglah lebih ditargetkan untuk system network-attached storage (NAS), atau penyimpan yang terpasang ke pusat jaringan usaha.

Dengan kecepatan, kelincahan, serta ukurannya begitu besar, hard disk ini di buat dengan maksud untuk memaksimalkan kemampuan perusahaan serta profesional di bagian kreatif dalam mengatur jalan raya data bernilai yang begitu besar, sekalian bisa dipakai backup data dari sebagian computer.

Baca Juga Informasi : Harga Sembako Hari Ini

Spesifikasi

Berdasarkah buku manualnya, spesifikasi IronWolf Pro 8TB ini yaitu hard disk type internal (3, 5 inci) dengan antar muka SATA berkapasitas 8TB. Untuk pilihan kemampuannya sendiri IronWolf Pro ada dari kemampuan 2TB sampai 10TB. Kecepatan putarannya yaitu 7. 200 rpm dengan cahce sebesar 256MB. IronWolf Pro bisa dipakai dalam system 1 sampai 16 bay NAS.

Sedang beberapa feature yang lain yang dijanjikan yaitu tehnologi AgileArray. AgileArray ini yaitu set dari hardware, firmware, serta softawe dari Seagate yang konsentrasi pada performa, kehandalan, serta manajemen daya.

Tehnologi AgileArray itu dari mulai 24×7 continuous operation hingga bisa senantiasa nyala serta dibuka kapan juga, workload rate hingga 300TB per th., error recovery control yang menghindar RAID drop off serta mempercepat data retries, RV Sensors yang memberi performa berkelanjutan saat banyak yang terhubung data dengan kurangi getaran dalam lingkungan multi-bay, sampai NAS Power Management yang bikin mengkonsumsi daya listrik yang rendah.

Garansi yang didapatkan yaitu lima th. yang dibarengi feature Seagate Rescue Data Recovery sepanjang dua th..

Seagate Rescue Data Recovery yaitu service dari Seagate untuk menolong Kamu memulihkan data yang hilang lantaran rusaknya pirantibaik yang karena sebab kekeliruan, kecelakaan, bahkan juga bencana alam. Rasio suksesnya yaitu 90 %.

Performa


Memakai aplikasi DiskMark, Kompas. com coba kecepatan read and write dari IronWolf 8TB ini. Hasil yang diperoleh yaitu rata-rata kecepatan write nya-sebesar 115, 80 MB/s serta rata-rata kecepatan read-nya sebesar 156, 86 MB/s.

Lalu memakai aplikasi CrystalDiskInfo, health status dari IronWolf 8TB ini dinyatakan baik. Nilai dari atribut yang di tes juga keseluruhannya ada diatas batasan nilai.


Tes transfer data

Dalam eksperimen kesempatan ini, Kompas. com bakal lakukan tes dengan lakukan perpindahan data ke hard disk IronWolf Pro 8TB yang dipasang sebagai Disk 1 dengan status primary partition (drive letter G) yang segera disambungkan ke motherboard. Bukan sekedar itu, hard disk tes transfer data ini dapat pada IronWolf Pro 8TB pada NAS yang dikaitkan ke computer lewat kabel ethernet (drive letter Z).

Data yang dipindahkan sebesar 158GB yang terbagi dalam 34. 581 file serta 3. 427 folder. Data itu dipindahkan dari Disk 0 dengan status primary partition (drive letter F).

Akhirnya? saat yang diperlukan oleh IronWolf Pro 8TB pada drive F untuk menulis data sejumlah itu cuma sekitaran 30 menit saja. Kecepatan rata-ratanya juga ada di angka 76 MB/s. Sedang saat tes dikerjakan ke Seagate IronWolf Pro pada drive Z, saat yang diperlukan memanglah sedikit lebih lama namun cuma tidak sama sekitaran 10 menit. Rata-rata kecepatannya juga ada di angka 60 MB/s.

Tetapi saat data itu dipindahkan kembali pada drive F. Saat yang diperlukan nyatanya nyaris 2 x lebih lama, yakni sekitaran 55 menit kecepatan rata-ratanya ada di angka 45 MB/s. Yang menarik disini yaitu, spesifikasi hard disk pada drive F keduanya sama mempunyai kecepatan putaran 7. 200 rpm. Tetapi, cache-nya memanglah lebih kecil, yakni 16MB.

Kesimpulan

Hard disk Seagate IronWolf Pro 8TB ini begitu baik sebagai media penyimpanan data (server), terutama media penyimpan yang terpasang ke jaringan (NAS). Lantaran bukanlah sekedar hanya kemampuannya yang besar serta kecepatan read and write-nya saja, namun tehnologi AgileArray-nya seperti 24×7 continuous operation menanggung server ini bisa selalu menyala serta bisa dibuka kapan juga.

Workload rate­-nya yangsangat besar hingga 300TB bikin pemakai tak perlu cemas untuk menaruh, menyalin, serta menghapus data terus-terusan tanpa ada takut mempercepat usia pemakaian hard disk itu. Error recovery control danRV Sensors-nya juga bikin manfaatnya sebagai media penyimpanan yang senantiasa dibuka banyaknya pemakai jadi tambah baik.

Namun dari itu semuanya, hal yang memberi nilai lebih terbesar yaitu feature Seagate Rescue Data Recovery-nya. Untuk Kamu yang menghormati utamanya data, kehilangan data itu yaitu petaka. Lumrah saja apabila hard disk Seagate IronWolf Pro, sekarang ini, diklaim sebagai HDD dengan level performa paling tinggi di kelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *