Smart TV Lebih Rawan di Hack Melalui Sinyal Digital

Screenshot_3

Serangan siber nyatanya bukan sekedar bisa berlangsung di hp, PC, atau piranti yang tersambungsi ke internet. Smart TV nyatanya juga dapat diretas, serta lebih parahnya hacker saat ini dapat membajak smart TV lewat tanda DVB-T (Digital Video Broadcasting – Terrestrial).

Saat sudah menyusup, hacker dapat memakai smart TV untuk beragam aktivitas muali dari lakukan serangan DDoS sampai mengintai Kamu.

Menurut BleepingComputer, serangan itu sudah sukses dipraktekkan oleh seseorang peneliti keamanan digital bernama Rafael Scheel. Serangan ini disebutkan begitu unik serta lebih beresiko dari cara serangan yang lain.

Sampai sekarang ini, serangan pada smart TV dikira tidaklah terlalu membahayakan lantaran hacker mesti masuk kedalam system lewat jalur fisik. Umumnya, hacker memakai tehnik social engineering dengan tawarkan aplikasi palsu yang berbentuk malware atau memasukkan program beresiko dengan cara segera lewat port USB.

Baca Juga Tentang Harga Semua Produk diĀ  : Temukan.id

Tetapi, cara yang dipakai oleh Scheel kesempatan ini begitu tidak sama. Ia memakai gelombang DVB-T untuk masuk kedalam system serta menempatkan program tanpa ada di ketahui pemakainya.

Hal itu karena sistem pemasangan program berbahayanya jalan dibalik monitor serta tak dapat dideteksi. Lebih parahnya lagi, hacker dapat memakai cara ini dari jarak jauh.

Sekarang ini, 90 % smart TV masihlah dapat terima tanda DVB-T. Hingga potensi korban dari serangan ini terbilang sangatlah banyak. Keunggulan lain dari cara serangan ini dari segi hacker yaitu serangannya bakal begitu susah untuk dilacak.

Diluar itu, hacker juga dapat memakai drone untuk menebarkan tanda DVB-T serta dapat pilih tujuan dengan gampang bahkan juga di beberapa lokasi yang susah dijangkau seperti apartemen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *